Kamis, 20 Desember 2012

menganalisis mengenai disiplin ilmu sosial.

PENGANTAR ILMU SOSIAL
Menganalisis mengenai disiplin ilmu sosial dalam konteks :
1.fakta atau fenomena
2. konsep
3. generalisasi
... 4. teori
Ilmu-ilmu sosial mempelajari tindakan-tinadakan manusia yang berlangsung dalam proses kehidupan dalam upacaya menjelaskan mengapa manusia berprilaku seperti yang mereka lakukan. FAKTA adalah informasi atau data yang ada atau pernah terjadi dalam kehidupan .fakta juga dapat merupakan suatu kejadian atau peristiwa yang pernah terjadi atau pernah ada dan contoh fakta di indonesia adalah sebagai berikut: - Gunung Galunggung yang meletus pada tahun 1982.- Ikrar Sumpah Pemuda terjadi pada tanggal 28 Oktober 1928..
KONSEP adalah suatu kesepakatan bersama untuk penamaan sesuatu dan merupakan alat intelektual yang membantu kegiatan berfikir dan memecahkan suatu masalah. Konsep juga merupakan pengabstraksian dari sejumlah benda yang memiliki karakteristik yang sama dan sesuatu yang tersimpan sebuah ide atau sebuah gagasan. Proses berfikir juga sering disebut dengan istilah “konseptualisasi”, yaitu suatu yang terus menerus yang berlangsung apabila seseorang sedang memikirkan contoh-contoh baru dari suatu konsep.adapun tujuan dari suatu konsep adalah: 1. Konsep dibidang geografi adalah konsep yang merupakan pola tatanan penduduk.
2. Konsep geomorfologi adalah suatu kegiatan mempelajari tentang bentuk permukaan bumi. Ilmu geografi tidak lepas dari bentuk-bentuk permukaan bumi.
GENERALISASI merupakan sejumlah konsep yang memiliki karakteristik dan makna. Generalisasi adalah pernyataan-pernyataan tentang hubungan diantara konsep. Generalisasi juga dapat mengungkapkan sejumlah besar informasi. Generalisasi dapat diartikan juga sebagai hubungan antar konsep-konsep.
Dari generelasisi-generalisasi tersebut terdapat berupa konsep yaitu : konsep pengangguran, konsep Negara, konsep kejahatan, dan konsep kriminal. Generalisasi bersifat objektif yaitu : 1. Konsep disjungsi 2. Konsep konjungtif dan 3. Konsep relasional. Adapun ciri-ciri generalisasi adalah 1. menunjukkan hubungan dua konsep 2. Bersifat umum. 3. Tingkat abstraksi yang tinggi 4. Berdasarkan konsep yang akan di kembangkan, dan 5. Berisi pernyataan yang pasti.

TEORI adalah suatu proposi yang berhubungan dan menerapkan suatu hubungan dengan beberapa generalisasi. Proposi dapat menghubungkan konsep ataupun kriteria. Untuk menyusun teori adalah sebagai berikut: 1. Sejauh mana teori dapat di tetapkan. 2. Sampai sejauh mana proposi-proposi yang menjelaskan dan unsur yang penting. 3. Bagaimana luasnya dapat dihubungkan. 4. Bagaimana kompleks proposi-proposi dihubungkan .

Tidak ada komentar:

Posting Komentar